BISNIS INTERNASIONAL
BISNIS
INTERNATIONAL
Bisnis International adalah kegiatan bisnis yang
melibatkan antara satu Negara dengan Negara lainnya.
Jenis – Jenis Bisnis Internasional
Perdagangan International
Transaksi yang dilakukan antar Negara dengan cara
tradisional berupa kegiatan ekspor impor
- Neraca Perbandingan Antar Negara (Balance Of trade) adalah Perbandingan jumlah ekspor dan impor dari suatu Negara.
Ekspor > Impor => Surplus (mendapatkan Income/pendapatan)
pada neraca perdagangan.
Ekspor < Impor => Defisit pada neraca perdagangan
- Neraca Pembayaran (Balance Of Payments) adalah Besar kecilnya arus kas keluar masuk pada suatu Negara.
Neraca Pembayaran Surplus (terjadi pertambahan Devisa
Negara)
Neraca Pembayaran Devisit (terjadi pengurangan Devisa
Negara)
Pemasaran International
Transaksi yang terjadi antara satu perusahaan disuatu
Negara dengan perusahaan Negara lain.misalnya Perusahaan milik Indonesia
mendirikan pabrik di Negara lain dan melakukan kegiatan produksi/jasa yang
langsung dipasarkan disana .
FDI (Foreign Direct Investment)
adalah penanaman modal langsung disuatu negara
Contoh Pemasaran Internasional :
- Licensing
Licensing atau lisensi adalah sebuah bentuk hubungan kerjasama
dimana pemilik hak dari sebuah kekayaan intelektual, seperti hak merek dagang,
paten, copyright, desain industri dan lain sebagainnya, membolehkan pihak lain
untuk menggunakan salah satu dari hak yang dimilikinya dengan pengganti uang
bayaran atau biaya lisensi (dapat berupa sejumlah uang atau royalti). Contoh :
1.Yakult yang ada di Indonesia mendapat
license shirota strain ,jepang
2.Starbucks
yang ada di Indonesia mendapat licensee Starbucks, Washington
3.Toyota Astra
Indonesia mendapat lisensi dari Toyota di Jepang
4.Aqua Produk
air mineral yang berada di bawah Lisensi Danone
- Franchising
Franchising
adalah individu/perusahaan yang diberikan hak oleh franchisor dengan cara
membeli hak tersebut untuk area dan periode tertentu. Sedangkan franchisor
adalah perusahaan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk mendistribusikan
satu produk/jasa mempergunakan merek, logo dan sistem operasi yang dimilikinya.
Dalam bahasa Indonesia franchising disebut juga waralaba.
Contoh :
1.KFC
(Kentuky Fried Chicken)
2.Mc
Donald
3.Pizza
Hut
- Joint Venturing
Joint
venture adalah bentuk kerjasama antar beberapa perusahaan yang berasal dari
beberapa negara menjadi satu perusahaan untuk mencapai konsentrasi
kekuatan-kekuatan ekonomi yang lebih padat.
Contoh :
1 .Indofood
dengan Nestle
Dua perusahaan yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) dan Nestle S.A (Nestle) Switzerland, membentuk perusahaan patungan (joint venture). Perusahaan joint venture itu adalah PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia.
Dua perusahaan yakni PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) dan Nestle S.A (Nestle) Switzerland, membentuk perusahaan patungan (joint venture). Perusahaan joint venture itu adalah PT Nestle Indofood Citarasa Indonesia.
2. PT. Kalbe
Milko Indonesia
Emiten farmasi
terkemuka, PT Kalbe Farma Tbk (KLBF), membentuk perusahaan joint venture dengan PT Milko Beverage Industry
untuk memproduksi makanan dan minuman kesehatan, menurut direksi perseroan.
Perusahaan joint venture itu diberi nama PT Kalbe Milko Indonesia.
3. PT
Toyota-Astra Motor (TAM)
PT.
Toyota-Astra Motor atau biasa disingkat dengan TAM merupakan Agen Tunggal
Pemegang Merk (ATPM) Mobil Toyota di Indonesia. TAM merupakan perusahaan joint
venture antara PT. Astra Internasional Tbk dengan persentase saham 51% dan
Toyota Motor Corporation, Jepang dengan persentase saham 49 %.
- Multinational Coporation (MNC)
Perusahaan multinasional (MNC) adalah sebuah perusahaan internasional atau
transnasional yang berkantor pusat di satu negara tetapi kantor cabang di
berbagai negara maju dan berkembang. Sebuah perusahaan akan menjadi perusahaan
multinasional berdasarkan keuntungan untuk mendirikan produksi dan kegiatan
lainnya di lokasi asing.
Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka , dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung.
Perusahaan mengglobalisasikan kegiatan mereka baik untuk memasok pasar dalam negeri-negara mereka , dan untuk melayani pasar luar negeri secara langsung.
Contoh :
1.General Motors ( Honda )
2.Coca-Cola
3.Philips
4.Volkswagen
5.Exxon
6.Nescafe’
7.Gillette
8.Marlboro
- Management Contracting
Managemen Contacting adalah pengaturan di mana satu
perusahaan menyediakan mekanisme manajemen dalam satu atau semua area kepada
orang lain.
Contoh :
1.Hotel Ritz
Carlton
2.Faour
Seasons
3.Westin
4.Hilton
5.Conrad
- Marketing In Home Country by Host Country
Marketing
In Home Country by Host Country adalah pengaturan di mana Negara (Home Country)
harus membayar, sedangkan pengirim (Host Country) memperoleh fee tersebut.
Contoh :
PT.
Unilever
Johnson
& Johnson
Tahapan Memasuki Bisnis International
- Ekspor Insidental
Dalam rangka untuk masuk ke dalam dunia bisnis Internasional
suatu perusahaan pada umumnya dimulai dari suatu keterlibatan yang paling awal
yaitu dengan melakukan ekspor insidentil. Dalam tahap awal ini pada umumnya
terjadi pada saat adanya kedatangan orang asing di negeri kita kemudian dia
membeli barang-barang dan kemudian kita harus mengirimkannya ke negeri asing
itu.
contohnya : penjualan kerajinan yang dibuat oleh pengrajin Indonesia.
contohnya : penjualan kerajinan yang dibuat oleh pengrajin Indonesia.
- Ekspor aktif
Tahap terdahulu itu kemudian dapat berkembang terus dan
kemudian terjalinlah hubungan bisnis yang rutin dan kontinyu dan bahkan
transaksi tersebut makin lama akan semakin aktif. Keaktifan hubungan transaksi
bisnis tersebut ditandai pada umumnya dengan semakin berkembangnya jumlah
maupun jenis komoditi perdagangan Internasional tersebut. Dalam tahap aktif ini
perusahaan negeri sendiri mulai aktif untuk melaksanakan manajemen atas
transaksi itu.
- Licencing
Tahap berikutnya adalah tahap penjualan Iisensi. Dalam tahap
ini Negara pendatang menjual lisensi atau merek dari produknya kepada negara
penerima. Dalam tahap yang dijual adalah hanya merek atau lisensinya saja,
sehingga negara penerima dapat melakukan manajemen yang cukup luas terhadap
pemasaran maupun proses produksinya termasuk bahan baku serta peralatannya.
Untuk keperluan pemakaian lisensi tersebut maka perusahaan dan negara penerima
harus membayar fee atas lisensi itu kepada perusahaan asing tersebut.
Contohnya : Toyota Astra Indonesia mendapat lisensi dari
Toyota di Jepang
- Franchising
Tahap
berikutnya merupakan tahap yang lebih aktif lagi yaitu perusahaan di suatu
negara menjual tidak hanya lisensi atau merek dagangnya saja akan tetapi
lengkap dengan segala atributnya termasuk peralatan, proses produksi,
resep-resep campuran proses produksinya, pengendalian mutunya, pengawasan mutu
bahan baku maupun barang jadinya, serta bentuk pelayanannya.
Contohnya :
KFC (Kentucky Fried Chiken), Mc Donalds, California Fried Chiken dan
sebagainya.
- Pemasaran di luar negeri
Tahap
berikutnya adalah bentuk Pemasaran di Luar negeri. Bentuk ini akan memerlukan
intensitas manajemen serta keterlibatan yang lebih tinggi karena perusahaan
pendatang (Host Country) haruslah betul-betul secara aktif dan mandiri untuk
melakukan manajemen pemasaran bagi produknya itu di negeri asing (Home Country)
Tahap ini
sering pula disebut sebagai tahap "Pemasaran Aktif" atau "Active
Marketing".
- Produksi dan pemasaran di luar negeri
Dalam tahap
ini perusahaan asing datang dan mendirikan perusahaan di negeri asing itu
lengkap dengan segala modalnya, Ialu melakukan proses produksi di negeri itu,
kemudian menjuaI hasil produksinya itu di negeri itu juga dan bahkan mungkin lalu
dijualnya ke negara asing lagi sebagai ekspor dari negeri penerima tersebut.
Hambatan Dalam Memasuki Bisnis
International
- Batasan perdagangan dan tariff bea masuk
- Perbedaan bahasa, social budaya/cultural
Perbedaan dalam hal bahasa seringkali merupakan
hambatan bagi kelancaran bisnis Internasional, hal ini disebabkan karena bahasa
adalah merupakan alat komunikasi yang vital baik bahasa lisan maupun bahasa
tulis. Tanpa komunikasi yang baik maka hubungan bisnis sukar untuk dapat
berlangsung dengan Iancar. Hambatan bahasa ini pada saat ini semakin berkurang
berkat adanya bahasa Internasional yaitu bahasa lnggris.
Perbedaan kondisi sosial
budaya merupakan suatu masalah yang harus dicermati pula dalam melakukan bisnis
Internasional. Misalnya saja pemberian warna terhadap suatu produk ataupun
bungkusnya harus hati-hati karena warna tertentu yang di suatu negara memiliki
arti tertentu di negara lain dapat bermakna yang bertentangan. Perbedaan budaya
ataupun kebiasaan juga perlu diperhatikan.
- Politik,Hukum,Perundang-undang
Hubungan politik yang kurang
baik antara satu negara dengan negara yang lain juga akan mengakibatkan
terbatasnya hubungan bisnis dari kedua negara tersebut. Sebagai contoh yang
ekstrim Amerika melakukan embargo terhadap komoditi perdagangan dengan
negara-negara Komunis.
Ketentuan Hukum ataupun Perundang-undang yang berlaku di suatu negara kadang juga membatasi berlangsungnya bisnis internasional. Misalnya negara-negara Arab melarang barang-barang mengandung daging maupun minyak babi.
Ketentuan Hukum ataupun Perundang-undang yang berlaku di suatu negara kadang juga membatasi berlangsungnya bisnis internasional. Misalnya negara-negara Arab melarang barang-barang mengandung daging maupun minyak babi.
- Hambatan International
Hambatan perdagangan atau
bisnis internasional yang lain adalah berupa masalah operasional yakni
transportasi atau pengangkutan barang yang diperdagangkan tersebut dari negara
yang satu ke negara yang lain
Sumber :
http://mirzasahadat.blogspot.co.id/2014/06/tugas-dasar-dasar-bisnis.html (Diakses 01/01/2018)
https://arsyavoal.blogspot.com/2018/10/5-hal-yang-perlu-diperhatikan-saat.html?showComment=1583850454510#c4690389506954503270
BalasHapusNah! masih berhubungan dengan tema pembahasan kemarin, yakni berkaitan dengan Google Play Store. Kali ini Kami ingin memandu Kalian bagaimana caranya bayar Google Play pakai Shopeepay. Itu artinya, Kita dapat melakukan transaksi pembayaran atau pembelian setiap item produk Google, dengan menggunakan saldo Shopeepay milik Kita Banyaknya aplikasi yang tersedia membuat penggunanya ingin selalu mengunduh semua yang disajikan di Play Store
BalasHapusGoogle Play Shopeepay Ufa Bunga SMartphone