pengertian fintech,sejarah fintech di indonesia, bareksa.com, kitabisa.com, koinworks.com.

Image result for fintechApa itu fintech ?

Sejarah dan Arti Fintech

Fintech adalah sebuah pengembangan dari teknologi keuangan pada sektor jasa keuangan yang muncul pada abad ke-21. Awalnya, istilah FinTech diterapkan untuk penerapan teknologi back-end ke konsumen untuk transaksi keuangan. Sejak akhir dekade pertama abad ke-21, istilah ini telah diperluas untuk mencakup inovasi teknologi di sektor keuangan, termasuk inovasi dalam literasi keuangan dan pendidikan, perbankan ritel, investasi dan bahkan kripto-mata uang seperti bitcoin.

Istilah teknologi keuangan bisa berlaku untuk setiap inovasi dalam cara orang bertransaksi, melakukan bisnis. Sejak revolusi internet dan revolusi internet mobile, bagaimanapun, teknologi keuangan telah tumbuh eksplosif, dan arti fintech, yang awalnya disebut sebagai penerapan teknologi komputer lanjutan pada back office bank atau perusahaan perdagangan, sekarang memiliki peran lebih luas pada komersial keuangan.
Cara-cara baru pada sektor keuangan terus bermunculan. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan peningkatan layanan. Peningkatan penggunaan teknologi dalam industri keuangan (fintech) diyakini dapat meningkatkan jangkauan layanan keuangan. Munculnya fintech telah menciptakan cara bagi semua entitas untuk memiliki akses ke semua alat dan jasa keuangan dengan biaya yang terjangkau.
Kini, teknologi perbankan dan keuangan di era tahun 2000an telah berakhir dan bertransformasi menjadi Fintech. Saat ini di Indonesia telah bertebaran 135 perusahaan startup Fintech yang sudah terdaftar di OJK. Perusahaan startup Fintech di Indonesia di atur melalui peraturan POJK-Nomor-77-POJK.01-2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.
Arti Fintech akan terus berkembang seiring dengan kemajuan teknologi informasi. Era Fintech akan membawa suatu kemungkinan pada hal-hal yang sebelumnya kita anggap tidak mungkin. Hal ini mungkin dapat terlihat ketika suatu koperasi, yayasa, atau badan lainnya lebih dapat bersinergi dengan pihak perbankan dalam melakukan penarikan saldo nasabah untuk transaksi sehari-hari.

Apa itu FinTech Indonesia?

Ternyata bisnis online tidak melulu hanya e-commerce (toko online) atau situs portal berita. Ada sebuah industri baru bernama financial technology atau nama kerennya FinTech Indonesia. Keberadaan FinTech bertujuan untuk membuat masyarakat lebih mudah mengakses produk-produk keuangan, mempermudah transaksi  dan juga meningkatkan literasi keuangan. Perusahaan-perusahaan FinTech Indonesia didominasi oleh perusahaan startup dan berpotensi besar. 
Apa Itu Industri Financial Technology atau Fintech Indonesia - Perencana Keuangan Independen Finansialku
[Baca Juga: Kelahiran Asosiasi Fintech Indonesia di Jakarta]

National Digital Research Centre di Dublin, Irlandia mendefinisikan financial technology atau fintech sebagai: “innovation in financial services” atau “inovasi dalam layanan keuangan”. Definisi tersebut memiliki pengertian yang sangat luas, perusahaan fintech dapat menyasar segment perusahaan (B2B) maupun ritel (B2C). Bagaimana dengan fintech Indonesia?

Cakupan Bisnis Fintech Indonesia

FinTech Indonesia memiliki banyak jenis, antara lain startup pembayaran, peminjaman (lending), perencanaan keuangan (personal finance), investasi ritel, pembiayaan (crowdfunding), remitansi, riset keuangan. Berikut ini daftar perusahaan-perusahaan startup FinTech Indonesia. Daftar di bawah ini akan selalu kami update. Jika Anda mengetahui startup FinTech Indonesia yang belum termasuk di daftar, silahkan tinggalkan komentar Anda di bahwa artikel ini.

Pembayaran (Payments)

Di Indonesia perusahaan startup FinTech yang paling banyak didominasi oleh
  • Perusahaan pembayaran, seperti: Veritrans, DoKu, Kartuku, iPay88, Easypay, MCpayment, Padipay, Kinerjapay.com, Truemoney, Faspay, Fasapay, Xendit, Espay, Wallezz, Cashlez, Mimopay, Indopay, Firstpay, IPaymu.com, Ovo, Nicepay, Hellopay, Kesles, 
  • Mobile payments company seperti Sakuku BCA, Dompetku Indosat Ooredoo, Uangku SmartFren, Dimo, Mynt, Matchmove
  • Gift Card : GCI Indonesia
  • BitCoin : BitX.co
  • Electronic Money : Sepulsa.com, Davestpay.com, GoPay, Indomog, Kudo, Ayopop,
  • Bebas Transfer : Kliring.co.id, SudahTransfer, Flip, 
  • Bayar Tagihan : Paybill.id, SatuLoket.com
  • Lainnya : Ainosi

Investasi

Indonesia memiliki beberapa startup yang memberikan kemudahan askes di bidang investasi, seperti Bareksa (Marketplace Reksa Dana) dan  IpotFund (Supermarket Reksa Dana). Xdana.com, 




Perencanaan Keuangan


Finansialku.com hadir sebagai salah satu perusahaan financial technology yang berfokus pada edukasi keuangan (financial education) dan perencanaan keuangan (financial planning).

  •  Expense Tracker untuk Personal : NgaturDuit.com, Dompet Sehat
  • Expense Tracker untuk Bisnis UMKM : Jurnal.id, Akunting Mudah, Sleekr, Yonk.io
  • Pajak : Online-Pajak.com

Pembiayaan (Lending)

Startup yang satu ini bergerak dalam pembiayaan. Pembiayaan yang dimaksud adalah pembiayaan dalam
  • Pembiayan berbentuk utang seperti UangTeman.com, TemanUsaha.com, Terhubung.com, BosTunai.com, Mekar.id, Tanihub.com, Taralite.com, Pinjam.co.id, Eragano.com, DrRupiah.com
  • Pembiayaan berbasis patungan atau pembiayaan masal (crowdfunding), seperti Wujudkan.com, Kitabisa.com, Ayopeduli.com dan GandengTangan.org. WeCare.id, Indves.com, GandengTangan.org, LimaKilo.id, iGrow.asia, Iwak.me, KapitalBoost.com
  • Pembiayaan berbasis Peer to Peer Lending (P2P) : Koinworks.com, Amartha.com, DanaDidik.com, Crowdo.com, Investree.com.
  • Cicilan Tanpa Kartu Kredit : Kredivo.com, ShootYourDream.com, Cicil.co.id.

Situs Pembanding Produk Keuangan (Comparison Site atau Financial Aggregator)

Startup berikutnya adalah website pembanding produk-produk keuangan. Di Indonesia terdapat beberapa startup yang bergerak di bidang perbandingan produk, seperti
  • Produk Keuangan secara umum : DuitPintar.com, HaloMoney.co.id, CekAja.com, Cermati.com, PilihPintar.co.id, SikatAbis.com, AturDuit.com, KreditGoGo.com
  • Khusus Asuransi : RajaPremi.com, Asuransi88.com, PremiKita.com, Premiro.com, PasarPolis.com, CekPremi.com

Riset Keuangan

Startup dibidang riset keuangan memang belum berkembang pesat di Indonesia. Salah satu perusahaan yang melayani riset dan data adalah Infovesta.com.

Lainnya

Beberapa start up fintech yang berada di luar kategori di atas:
  • Account Aggregator : Veryfund
  • Agent Network : Ruma
  • Gold Marketplace : AntamGold.com, Orori.com, FidiGo
  • Banking Support : Kanopi
  • Capital Market : Kanopi
  • POS (Point of Sales Bisnis) : Pawoon, MOKA

FinTech Indonesia Berikutnya …

Startup FinTech di Indonesia bakal tambah banyak dan makin kompetitif. Disini masyarakat akan memiliki banyak pilihan bertransaksi dan tentunya menjadi lebih mudah. Finansialku sebagai perencana keuangan, menyarankan agar Anda segera meningkatkan pengetahuan (literasi) mengenai keuangan. Dari sisi pendanaan bisnis, saat ini sudah banyak perusahaan venture capital dan accelerator yang melirik industri FinTech di Indonesia.

Dan pada akhirnya, era Fintech ini harus di manfaatkan seluas-luasnya oleh pihak koperasi untuk membawa ketahanan ekonomi di Indonesia.
TENTANG BAREKSA.COM

Bareksa.com adalah marketplace reksa dana online terintegrasi pertama di Indonesia, yang bernaung di bawah PT Bareksa Portal Investasi yang didirikan pada tanggal 17 Februari 2013. Portal ini, selain menyediakan platform untuk melakukan jual-beli reksa dana secara online, juga memberikan layanan data, informasi, dan alat investasi reksa dana, saham, obligasi, dan lainnya, untuk memudahkan masyarakat berinvestasi.
Didirikan dan diawaki anak-anak muda yang berpengalaman di bidang pasar modal, teknologi informatika dan media digital, Bareksa.com memiliki visi dan misi untuk ikut menumbuh kembangkan dunia investasi di kalangan masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan teknologi informatika dan Internet. Bareksa.com juga berambisi turut serta semakin meningkatkan eksposur dunia investasi nasional ke pasar global.
Dalam Bahasa Sansekerta, 'bareksa' berarti pohon. Adalah cita-cita kami, sebagaimana namanya, kehadiran Bareksa.com dapat turut membuat dunia investasi nasional semakin tumbuh rindang dan berbuah lebat bagi kesejahteraan masyarakat luas.
PRODUK KAMI 

1. Data Market
Kami menyediakan berbagai data yang komprehensif, mendalam, dan updated yang pada tahap awal meliputi data reksa dana, saham, dan obligasi.

2. Alat Investasi
Untuk memudahkan investor dan calon investor, kami mengembangkan dan menyediakan berbagai alat dan aplikasi digital yang dirancang untuk memudahkan mencari, mengolah, dan menganalisis data yang relevan untuk pengambilan keputusan berinvestasi.

3. Berita & Analisis
Di tengah menggunungnya berita dan informasi di era digital ini, kami menyediakan dan memilihkan berbagai berita, informasi, dan analisis mendalam yang termutakhir dan relevan bagi investor dan calon investor dalam mengambil keputusan investasi. Bareksa.com juga menyediakan platform di mana investor dan calon investor dapat bergabung, berdiskusi, dan saling berbagi di komunitas online investor.

4. Marketplace Reksa Dana
Bareksa.com juga menyediakan platform bagi Anda untuk melakukan investasi secara online melalui komputer personal, telepon seluler, maupun tablet Anda. Platform ini dirancang oleh tim kami yang berpengalaman untuk menjamin keamanan, kenyamanan, dan kemudahan Anda dalam bertransaksi dan berinvestasi. Untuk tahap pertama, kami menyediakan marketplace untuk melakukan jual beli reksa dana secara onlineImage result for PROFIL KITABISA.COMTENTANG KITABISA.COM





Menghubungkan #OrangBaik
Sejak tahun 2013, kami menyediakan wadah dan teknologi online bagi individu, komunitas, organisasi, maupun perusahaan (kami sebut para #OrangBaik) yang ingin:
  1. Menggalang dana dengan membuat halaman donasi online (kami sebut halaman campaign) untuk beragam tujuan sosial, personal, kreatif dan lainnya.
  2. Berdonasi kapan saja secara online ke campaign-campaign di Kitabisa sesuai dengan kategori atau organisasi yang ia peduli.
Dengan semangat gotong-royong menghubungkan kebaikan, Kitabisa menerapkan kebijakan open platform. Artinya, dalam hitungan menit siapapun dapat membuat halaman donasi di Kitabisa selama mereka melengkapi syarat verifikasi identitas dan tidak melanggar hukum di Indonesia.
Bagaimana Kitabisa membiayai operasional?
Sebagai social enterprise startup, Kitabisa mengenakan biaya administrasi sebesar 5% dari total donasi di sebuah campaign, kecuali campaign bencana alam dan zakat (0% biaya administrasi). Dengan model ini, kami bisa fokus mengembangkan teknologi dan layanan untuk terus mempermudah kegiatan menggalang dana dan donasi di Indonesia dan dunia.
TENTANG KOINWORKS.COM

Apa itu KoinWorks?

Kini, teknologi perbankan dan keuangan di era tahun 2000an telah berakhir dan bertransformasi menjadi Fintech. Saat ini di Indonesia telah bertebaran 135 perusahaan startup Fintech yang sudah terdaftar di OJK. Perusahaan startup Fintech di Indonesia di atur melalui peraturan POJK-Nomor-77-POJK.01-2016 tentang Layanan Pinjam Meminjam Uang Berbasis Teknologi Informasi.KoinWorks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani investasi online P2P Lending dengan machine learning yang inovatif, menghubungkan Investor dengan Peminjam dalam sebuah platform teknologi mutakhir. Investor dapat berinvestasi mulai dari Rp 100.000 dan Peminjam dapat mengajukan pinjaman dengan bunga rendah.
sumber :
  • https://www.finansialku.com/apa-itu-industri-financial-technology-fintech-indonesia/ (di akses 13/10/2017)
  • https://www.google.co.id/amp/www.mobnasesemka.com/apa-arti-fintech/amp/ (di akses 13/10/2017)
  •  http://www.bareksa.com/id/aboutus (di akses 13/10/2017)
  •  https://kitabisa.com/about-us (di akses 13/10/2017)
  •  https://koinworks.com/ (di akses 13/10/2017)

Komentar

  1. Sangat bermanfaat sekali artikelnya coba dibaca juga nih Permintaan Pinjaman Online Meningkat

    BalasHapus
  2. Pengertian Fintech menurut National Digital Research Centre (NDRC) adalah Fintech sebagai istilah yang digunakan untuk menyebut inovasi dalam bidang jasa keuangan atau finansial. Dalam artian dengan inovasi finansial yang diberi sentuhan teknologi modern. Bisa juga diartikan sebagai segmen di dunia start up yang membantu untuk memaksimalkan dalam penggunaan teknologi untuk mengubah, mempertajam atau mempercepat berbagai aspek pelayanan keuangan Jasa SEO

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BISNIS INTERNASIONAL

SISTEM PRODUKSI

Sejarah Berdirinya PT. INDOFOOD MAKMUR